Untitled 4

Written by erlan on . Hits: 686

Labuan Bajo, 17 Juni 2019 bertempat di pelataran Masjid Nurul Falah Wae Mata Wakil Ketua Pengadilan Agama Labuan Bajo menghadiri Kegiatan Halalbihal tingkat Kabupaten Manggarai Barat, dengan mengambil tema “Mewujudkan Kerukunan dalam Keberagaman” acara berlangsung begitu semarak.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Manggarai Barat, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) Kabupaten Manggarai Barat, para SKPD, tokoh agama, tokoh pendidik, tokoh pemuda dan masyarakat umum.

Dalam sambutan ketua PHBI Kabupaten Manggarai Barat bapak H. Idrus, BA. selaku pelaksana kegiatan menyatakan bahwa kegiatan halalbihalal diharapkan sebagai wahana saling maaf memaafkan serta memupuk persaudaran dan mempererat tali silaturrahim antara masyarakat dengan pemerintah.

halal bihalal pemda

Kegiatan ini semakin semarak dengan lantunan shalawat ibu-ibu majelis taklim se-Kabupaten Manggarai Barat yang disambut tepuk tangan hadirin, dilanjutkan dengan tausiah singkat Ketua MUI Kabupaten Manggarai Barat bapak Drs. Sakar Abdul Jangku, M.Si.

Tausiah yang disampaikan sangat sarat dengan pesan-pesan moral bahwa dewasa ini kerukunan sudah berjalan baik di Manggarai Barat dengan keberagaman budaya etnis dan agama yang ada, namun masih sering menimbulkan gesekan-gesekan salah satunya masalah tanah yang marak dipermasalahkan dalam masyarakat membuat pemerintah setempat kerja eksta dalam memberikan pelayanan mulai tingkat desa sampai kecamatan dengan mencarikan solusi cerdas tanpa ada unsur memihak salah satunya dengan menerapkan nilai budaya yang mesti diikuti, seperti kalimat Tanah Data muri na, ngong gaku.Tanah gaku muri na ngong data (Tanah milik org lain tp ngakunya tanah milik saya, dan tanah milik saya org bilang tanah org  lain), imbuhnya.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan peyerahan piala lomba yang telah dilaksanakan oleh panitia PHBI. Kegiatan ini mendapatkan apresiasi dari pemerintah setempat.

Sebelum memberikan sambutannya Wakil Bupati Manggari Barat drh. Maria Geong, Ph.D memperkenalkan Forkopinda Manggarai Barat kepada undangan yang hadir mulai dari Kepala Kejaksaan Negeri Manggarai Barat Yulius S. Kristanto, S.H.,M.H., Kapolres Labuan Bajo AKBP. Julisa Kusumowardono, S.I.K.,M.Si., dan Wakil Ketua PA. Labuan Bajo Tommi, S.H.I.

Salah satu poin penting dari makna halalbihal yang disampikan dalam pidato wakil bupati adalah hendaknya momentum halalbihalal ini menjadi wahana untuk introspeksi diri dan tetap jalin silaturrahim demi mewujudkan visi dan misi Pembangunan Kabupaten Manggarai Barat melalui jalinan kekeluargaan, koordinasi, komunikasi dan sinergitas, sesuai harapan yang diingankan bersama.

Pada akhir kegiatan, Wakil Bupati menyerahkan bantuan beras 500 kg kepada panitia PHBI untuk diserahkan kepada masyarakat yang membutuhkan, pesan beliau jangan melihat banyaknya, namun perhatian dan manfaatnya yang bisa dirasakan olrh pihak yang membutuhkan. (T-My & Siti Erlania)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Labuan Bajo

Jl. Frans Nala, Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat, NTT

Telp:

0385-2443235

Email :

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

gps Lokasi Kami

whatsapp 082213369895

instagram @pa_labuanbajo

facebook @pengadilanagama.labuanbajo

youtube PA Labuan Bajo

tiktok @palabajo

Copyright Pengadilan Agama Labuan Bajo© 2018